Free OCR Software | Mengubah Image Menjadi Teks  

19 komentar

free OCROCR Software adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk “menangkap” teks yang tersimpan di sebuah file image atau gambar ( bingung nggak ? he..he.. ).


Jadi begini aja biar mudah, misalnya kita dapat job ketikan untuk menyalin sebuah buku, daripada kita harus ketik perhalaman dan mengetiknya kembali, mengapa kita tidak scan aja tulisan di buku tersebut menggunakan scanner kemudian kita ubah hasil scan-nan tersebut mejadi teks untuk kita edit di aplikasi Ms. Word bukankah lebih praktis dan efisien ?

Software atau aplikasi yang dapat digunakan untuk mengubah gambar menajadi teks itulah yang disebut dengan OCR ( Optical Character Recognition ).

Kali ini software atau aplikasi OCR yang akan gwa bahas adalah FreeOCR software, aplikasi ini sangat berguna bagi Anda yang biasa menerima job menyalin buku untuk dijadikan ketikan ( tentunya ketikan computer he..he.. ), atau bagi para anak kuliahan yang pada males mengetik rangkuman, software ini juga akan sangat berguna karena Anda tinggal men-scan buku yang ingin dirangkum, jalankan freeOCR dan simsalabim ketikan Anda udah jadi he..he…

Sayangnya karena buatan manusia maka software ini juga mempunyai kekurangan yaitu hasil konversinya akan sedikit kacau jika image atau gambar Anda kurang jelas tulisannya, sehingga ketika proses konversi selesai Anda harus memeriksanya lagi untuk mengkoreksi bagian-bagian yang salah.

Kelemahan lain dari aplikasi freeOCR adalah hasil konversi yang kacau ketika digunakan untuk meng-konvert image teks berformat kolom, sehingga aplikasi ini nggak cocok buat mengkonvert scan-nan koran.

Cara menggunakan Aplikasi FreeOCR ini sangat mudah, klik File/Open kemudian cari file yang ingin kita ubah ( biasanya dalam bentuk JPG) dan edit menjadi teks, kemudian klik menu OCR/Start OCR Process maka proses konversi akan segera dilakukan. Setelah itu simpan atau copy-paste hasil konversi tersebut ke Ms.Word.

Buat yang tertarik ama aplikasi konversi gambar ke teks atau biasa disebut dengan OCR software silahkan download aplikasi freeOCR ini.



Note :
Agar hasil konversi maksimal sebaiknya resolusi image 200 Dpi
FreeOCR butuh .NET Framework versi 2.0 kalo kagak punya silahkan download di situs Microsoft.

Related Link :

Berdasarkan Kategori :



19 komentar: to “ Free OCR Software | Mengubah Image Menjadi Teks

Post a Comment

Post a Comment

counter